[REVIEW] Ducky Shine 4 Black Case Green Switch Mechanical Keyboard

Awal tahun 2015 kemarin Ducky Shine 4 resmi masuk di Indonesia, untuk announcement dari Ducky sih udah agak lama bahkan sempat merilis prototype dengan desain knop untuk mengatur LED. Pada versi final ini alias public release knop itu sudah ditiadakan sehingga terlihat lebih classic tapi tetap dengan modern look. Oke seperti apa perform dari Ducky Shine 4 ini dan apakah worth untuk upgrade dari Ducky Shine 3 yang sudah rilis setahun yang lalu ? Mari kita lihat :D

Spesifikasi

• Model: DKSH1408SD
• Type: Mechanical Keyboard
• Switch: Cherry MX mechanical switches
• Interface: USB 2.0
• LED: Dual Color LEDs
• Keycap material: ABS
• Legend printing: Lasered
• Dimensions: 460x154x34mm
• Weight: 1200g
• Origin of Production: Taiwan

Packaging

Pada Ducky Shine 4 ini menggunakan box dengan desain yang lebih segar dan colorful dimana untuk seri Ducky sebelumnya masih menggunakan box warna hitam.





Menggunakan Cherry MX Green

Seperti biasa ada plastik mika untuk melindungi keyboard

Ada extra keycaps WASD, kabel mini usb, dan keypuller

Dan terakhir manual book dan juga warranty card

Packaging yang simple dari Ducky dan kebanyakan mechanical keyboard lainnya.

Desain & Fungsi

Desain dari Ducky Shine 4 ini menurut gue ada perubahan ketimbang Shine 3 dimana pada Shine 4 ini terlihat lebih modern. Untuk material sendiri masih terbuat dari plastik namun untuk body atas menggunakan coating brush metal



Pada bagian bawah keyboard terdapat gambar Ducky yang menurut gue unik karena tidak terdapat pada seri sebelumnya.



Sudut dari Shine 4 sendiri juga terlihat lebih modern.



Perubahan lainnya ada pada desain keyboard feet dimana mengambil desain detachable jadi bisa dicabut pasang. Untuk ketinggian keyboard menurut gue lebih rendah dari Shine 3.



Bentuk juga dapat gue bilang memiliki desain yang lebih tegas namun tetap terlihat keren.











Untuk kabel manajemen, tidak terdapat lagi alur kabel sehingga harus melalui sisi tengah, menurut gue pribadi fitur manajemen kabel sangat berguna agar lebih rapi dan entah kenapa Ducky menghilangkannya.





Dan seperti biasa terdapat dip switch dibawah untuk mengatur fungsi dari keyboard.



Untuk bahan dari keycaps masih menggunakan material ABS yang menjadi standart LED keyboard. Tidak terdapat perbedaan kualitas dibanding dengan pada Shine 3. Yang menjadi perbedaan yaitu paling mencolok pada desain spacebar mengambil tema Year of The Horse yang menjadi ciri khas Ducky untuk mengeluarkan keyboard bertema shio Chinese setiap tahunnya.



Shine 4 yang gue review ini menggunakan Cherry MX Green dimana memiliki actuation force 80g, terasa berat saat digunakan. Mungkin ada yang bertanya seperti apa feel dari Green Switch ini, bisa gue katakan seperti Blue Switch, memliki karakter tactile & clicky namun lebih berat dari Blue Switch. Perbandingannya yaitu Green forcenya 80g sedangkan Blue forcenya 50g. Walau terasa lebih berat namun gue rasa lebih mantap dan lebih solid ketika menggunakan Green ketimbang Blue, kembali ke selera masing-masing saja kalau yang ini :D



Seperti biasa keyboard Ducky pasti memiliki fitur LED yang menjadi value penjualannya. Dan yes di Shine 4 ini sudah mengadopsi fitur Dual LED Red Blue sehingga tidak ada lagi kebingungan memilih LED seperti jaman Shine 3 yang memiliki banyak pilihan LED. Minusnya disini, warna LED hanya sebatas perpaduan Red & Blue saja, sehingga tidak mungkin menghasilkan warna yang dulu ada pada Shine 3 seperti White, Green dan Orange. Nilai positifnya lagi, fitur seperti Raindrop LED semakin colorful ketimbang yang masih menggunakan single LED seperti Shine 3.



Shine 4 sendiri memiliki fungsi yang untuk menggunakannya tidak perlu menginstal driver pada komputer karena sudah terintegrasi pada processor keyboardnya, point plus disini juga.
Fungsi tersebut terintegrasi pada row atas.

Berikut penjelasan fiturnya :



FN + F1 - F4 = Mengatur Repeat Delay (1x - 8x)
FN + ALT + F1 - F4 = Mengatur Repeat Rate (1x - 8x)



FN + F5 = Mengatur Color A (Red).
FN + F6 = Mengatur Color B (Blue).
FN + F8 = Mereset settingan A dan B.



FN + F9 = Mengaktifkan Advanced Color Mixing, artinya user sendiri yang akan mengatur kombinasi warna, dikombinasikan dengan FN + F5-F6.
Pada Advanced Color Mixing, variasi gerak LED terbatas seperti pada Shine 3 dimana hanya dapat menggunakan 1 warna LED saja untuk seluruh tombol.
Fitur itu yaitu :

1. 100% Backlight Mode.
2. Breathing Mode.
3. Wave Mode.
4. Snake Marquee Mode.
5. Reactive Mode.
6. Ripple Mode.
7. Aurora Mode.
8. Backlight Off.

FN + F10 = Mengaktifkan Preset Color Mixing, jadi kombinasi warna sudah diatur dari pabrik dan tidak perlu repot lagi untuk mengatur warna :D.

Sedangkan pada Preset Color Mixing menggunakan kombinasi 2 warna sehingga lebih colorfull untuk tiap tombol.
Fiturnya yaitu :

1. Color Cycling Mode.
2. Wave Mode.
3. Snake Marquee Mode.
4. Raindrop Mode.
5. Reactive Mode .
6. Ripple Mode.
7. Aurora Mode.
8. Backlight Off.

FN + F11-F12 = Menyimpan custom LED ke internal memory.

Dan seperti biasa ada fitur multimedia dan juga tombol shortcut ke aplikasi yang terintegrasi.





Build Quality

Build dari Shine 4 ini kesan pertama gue terasa ringan, lebih ringan dari Shine 3 dan juga lebih ringan jauh dari Ducky YOTH gue. Shine 4 menggunakan dual layer PCB dengan steel backplate mount dimana sudah terkenal solid untuk mechanical keyboard. Ada beberapa bagian yang menurut gue kopong yaitu bagian sekitar atas dan bawah arrow, selain dari situ gue tidak menemukan bagian yang kopong lainnya. Dugaan gue yaitu karena dibagian sana ada tempat yang kosong sehingga agak terasa kopong namun tentu saja tidak mengganggu fungsi dan performa dari Shine 4 itu sendiri.



Conclusion

Shine 4 tentu saja hadir untuk menggantikan Shine 3 yang kira-kira sudah berumur 1 tahunan. Dengan upgrade pada sisi Dual LED dan juga fungsi custom yang lebih baik dari Shine 3. Menurut gue upgrade ini sangat signifikan karena memang dari awal Ducky memang bermain pada pasar mechanical LED keyboard sehingga ini adalah ujung tombaknya. Dilihat dari penamaannya ini adalah seri flagship dari Ducky. Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke gue mengenai apakah worth membeli Shine 4 ? Bisa gue katakan apabila kamu mengincar fitur LED yang super banyak ini jawabannya tentu saja tentu iya, namun bagaimana apabila sudah memiliki Shine 3 yang lama dan ingin upgrade ? Tergantung dari kamu sendiri apakah sudah cukup puas menggunakan Shine 3 karena jujur dari segi fungsi sendiri tidak ada perubahan yang banyak dari Shine 3 ke Shine 4 tetapi kalau kamu melihat dari sisi upgrade menjadi Dual LED dan beberapa fitur LED menarik lainnya yang menjadi estetika setup kamu pastinya Ducky Shine 4 ini wajib dimiliki :D.



Jujur saja Ducky kreatif kali ini ditengah pangsa pasar yang dimana beberapa pesaing sudah menggunakan fitur RGB, dan karena kontrak Cherry MX RGB LED masih dipegang Corsair, dia dapat menghadirkan fitur Dual LED tanpa harus menggunakan switch lain.



Anyway akhir kata goodjob untuk Ducky yang menghadirkan Shine 4 ini, harapan gue di Shine 5 mungkin lebih improve di sisi konektivitas, wireless maybe ? :p

credits to : darkslay3r
"Kaskus Gaming Gear Area"


Post a Comment