[Review] Steelseries Rival - High Performace Gaming Mouse

Nama besar SteelSeries memang sudah cukup dikenal di seluruh penjuru dunia. Produsen yang bergerak pada industri peripheral gaming ini memang selalu memberikan produk-produk hebat untuk memenuhi kebutuhan gamer, untuk memenuhi itu SteelSeries punya rahasianya, yaitu mengembangkan sebuah produk dengan melibatkan gamer-gamer profesional dunia, oleh karena itu produk keluaran SteelSeries selalu bisa diterima baik oleh gamer lokal maupun manca negara.

Masih mengusung bentuk khas ala SteelSeries, sebuah produk kembali diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan gamer, kali ini gamer dengan pengguna tangan kanan yang mendapat kesempatan untuk merasakan salah satu produk berkualitas terbaru milik SteelSeries. Hadir dengan nama Rival, mouse gaming ini dirancang untuk memanjakan gamer dengan tangan kanan yang aktif, desain ergonomis yang sangat baik memberikan kenyamanan untuk bermain dalam rentang waktu yang cukup lama.

Menjanjikan tingkat akurasi yang mematikan, mouse ini hadir dengan tingkat CPI yang menyentuh angka 6500, kamu dapat merubah gaya permainan mu hanya dengan satu sentuhan jari. Sudah cukup bertele-telenya, mari kita lanjutkan membahas mouse ini lebih dalam.


Spesifikasi

Optical Sensor :
  • 50 to 6500 Adjustable CPI
  • 1ms Response Rate / 1000Hz Polling Rate
  • 200 Inches Per Second (IPS)
  • 50Gs of Acceleration

Properties :
  • 6 Programmable Buttons
  • 16.8M Color Illumination w. 2 Zones
  • Soft-touch coating
  • Injected rubber side grips
  • Cable Texture: Soft Rubber Cable

SteelSeries Switches :
  • 30 Million Click Durability


Size & Weight :
  • Weight: 128 grams (0.28 lbs)
  • Height: 40 mm (1.57 in)
  • Width: 70 mm (2.76 in)
  • Length: 133 mm (5.23 in)
  • Cable Length: 2m (6.5 ft.)

Kemasan dan Kelengkapan

SteelSeries Rival memiliki kotak kemasan yang cukup ringkas, hadir dengan kemasan yang memiliki cover yang dapat dibuka. Pada cover depan, tipe mouse terlihat cukup mencolok di pojok kiri atas kemasan yang hadir dengan warna putih dan oranye ala SteelSeries. Kamu dapat melihat penampakan mouse Rival yang cukup besar dan hadir dengan dominasi warna hitam serta dibekali LED pada logo SteelSeries dan tombol scroll. Mendukung dua sistem operasi yang sangat populer, yaitu Windows dan MAC, mouse terbaru besutan SteelSeries ini sepertinya dirancang untuk memberikan tingkat akurasi yang sangat tinggi.


Jika cover depan dibuka, maka kamu dapat melihat langsung mouse ini terlindungi dengan sangat baik dibalik plastik transparan, dan memang mouse ini memiliki ukuran yang agak besar. Dibalik cover muka, terdapat ilustrasi bentuk mouse disertai dengan penjelasan dari fitur-fitur yang dimilikinya, sepertinya ada hal baru pada mouse ini yang tidak dimiliki oleh seri SteelSeries terdahulu, penasaran? Akan dibahas pada Detail Produk di bawah ini.


Sisi kiri kemasan menampilkan ikon-ikon kecil dari jajaran fitur yang dibawa oleh mouse ini, mulai dari mouse ini menggunakan sensor optik, mendukung hingga 6500 CPI, dapat digunakan hingga 30 juta klik, respon 1 ms, 200 IPS dan 50g untuk kecepatan aselerasinya.


Sisi belakang kotak kemasan menjelaskan kembali mengenai detil dari fitur unggulan mouse gaming Rival yang tersedia dalam 3 bahasa, dilengkapi LED yang mendukung hingga 16.8 juta warna, mouse ini siap mewakili perasaan hati gamer atau menampilkan warna favorit gamer.


Sama seperti kotak kemasan produk milik SteelSeries yang selalu menampilkan beberapa nama tim gamer profesional dunia yang ikut menggunakan produk milik SteelSeries yang diletakan pada atas kemasan dengan latar belakang oranye, tim gamer profesional tersebut meliputi NATUS VINCERE, NINJAS IN PYJAMAS, INVICTUS GAMING dan FNATIC.


Kelengkapan yang kamu dapatkan dalam paket penjualan hanya sebuah Quick Start Guide dan sebuah emblem SteelSeries berbahan karet sebagai aksesoris cadangan yang dapat kamu ganti-ganti pada slot di bagian belakang mouse.


Detail Produk

SteelSeries Rival, memiliki bentuk dan dimensi yang cukup besar untuk tangan, dengan panjang 133mm dan lebar 70mm serta tinggi 40mm, mouse Rival bisa dikatakan cukup besar untuk tangan orang Asia. Dirancang khusus untuk memanjakan gamer dengan pengguna tangan kanan, mouse ini memiliki desain ergonomis yang sangat mendukung gamer yang memiliki gaya genggam Palm-rest. SteelSeries Rival dilapisi oleh lapisan karet halus pada hampir seluruh permukaan atasnya, yang kabarnya tidak mudah meninggalkan bercak yang disebabkan oleh keringat. Memiliki 4 tombol utama yang terdiri dari klik-kiri, scroll, klik-kanan dan pengaturan tingkat CPI. Tampilan warna hitam pada seluruh permukaan mouse akan sangat-sangat membosankan, tetapi SteelSeries memberikan sentuhan magis pada tombol scroll dan logo SteelSeries, yaitu LED yang mendukung hingga 16.8 juta warna.


Mungkin sisi kiri merupakan hal baru untuk penggemar SteelSeries, dilengkapi dengan lapisan karet dengan tekstur bintilan yang cukup empuk dan dua buah tombol tambahan, lapisan karet ini memberikan sensasi grip yang berbeda, terasa nyaman dan tak khawatir akan kehilangan grip kamu. Tombol tambahan pada sisi ini memiliki ukuran yang cukup besar, jadi kamu tidak akan kesusahan untuk menjangkaunya.



Sisi kanan dengan bentuk yang agak melebar keluar tidak memiliki tombol tambahan, namun lapisan karet seperti yang terdapat pada sisi kiri mouse kembali anda temukan disini, bedanya cakupan areanya lebih luas.


Sebuah emblem yang terbuat dari material karet yang terletak tepat di bawah logo SteelSeries ternyata dapat dilepas dan diganti dengan cadangan yang disertakan dalam paket kemasan, ada dua jenis tulisan yang bisa kamu gunakan, Rival atau SteelSeries.


Mouse ini dibekali lapisan teflon pada 4 titik, dimana lapisan yang disebar pada ujung sisi mouse mampu memberikan pergerakan mouse yang maksimal pada medan yang kami gunakan. Mouse Rival menggunakan sensor Optik dengan tingkat CPI hingga 6500 yang ditransmisikan melalui kabel berkonektor USB.



Software

SteelSeries Rival sudah didukung oleh SteelSeries Engine seri 3.0, dimana terdapat perbedaan pada tampilan software. Tampilan software sekarang menjadi satu saja, tidak memiliki menu tab seperti varian lainnya, disini kamu dapat mengatur semua fitur yang tersedia. Untuk memprogram keenam tombol pada mouse Rival, kamu memiliki pilihan yang terdiri dari :

  • Macros
  • Mouse Buttons
  • Keyboard Buttons – Alphanumeric, Numpad, Function, Modifiers, Symbols, Navigation, Arrows, Editing, Typing Mode, Commands
  • Media Buttons – Mute, Next, Play/Pause, Previous, Volume Up, Volume Down
  • Deactivate




Pengaturan CPI dapat kamu konfigurasi pada tampilan seperti speedometer di sisi kanan software, terdapat dua buah speedometer atas dan bawah, dimana kedua setingan ini dapat kamu akses melalui tombol CPI yang terdapat di belakang scroll.


Untuk menggantikan menu tab pada versi sebelumnya, software Engine v3.0 menampilkan semua dalam satu tampilan yang dapat di-scroll, scroll ke bawah untuk mengoptimalkan pengaturan Polling Rate, Acceleration dan Angle Snapping.


Jika kamu ingin menyimpan pengaturan untuk game tertentu, kamu hanya perlu mengklik tombol Configs, disini kamu dapat membuat dan mengatur setingan kemudian menyimpannya, hal ini memudahkan kamu ketika berganti judul game favorit kamu tanpa harus mengatur segalanya dari awal.


Mouse Rival menawarkan konfigurasi lampu LED yang mendukung hingga 16.8 juta beserta tampilan efek yang berbeda.


Pengujian dan Kesimpulan

Pengujian :

Mouse gaming Rival memiliki desain yang sangat baik dan dirancang khusus bagi pengguna tangan kanan, dan sepertinya mouse ini disiapkan untuk merangkul gamer di seluruh belahan dunia dikarenakan desainnya yang cukup besar. Berkat desain ergonomisnya yang sangat baik, mouse gaming Rival juga sangat cocok digunakan dalam aktivitas harian kamu, terutama jika kamu pengguna tipe Palm-rest.

Saat menggunakan mouse gaming Rival untuk memainkan game bergenre FPS, mouse ini mampu memberikan tingkat akurasi yang sangat baik, mungkin karena mouse ini didesain untuk memberikan tingkat akurasi yang sangat baik dan semua itu tidak hanya didukung oleh desain saja namun juga sensor optik berkualitas.

Akses cepat pengaturan CPI serta dua tombol tambahan juga berada di tempat yang tepat, tidak membutuhkan penyesuaian lebih lama untuk segera terbiasa dengan mouse gaming ini, hal ini mungkin didukung dengan ukuran tombol yang cukup besar dan empuk, sehingga mudah digapai dan sangat responsif. Dukungan makro pada mouse gaming Rival juga menawarkan genre gaming yang luas, tidak hanya seputar game bergenre FPS, namun juga genre yang lain seperti RTS bahkan MMORPG.

Kesimpulan :

SteelSeries kembali menghadirkan sebuah produk hebat yang kali ini khusus memanjakan bagi gamer pengguna tangan kanan, Rival. Dirancang untuk memberikan tingkat akurasi yang mematikan, mouse ini memiliki desain yang sangat baik, serta penggunaan material karet yang melapisi hampir seluruh permukaan mouse diyakini akan memberikan grip yang optimal untuk jari-jari kamu, terlebih lagi lapisan karet bertekstur yang terdapat di kanan kiri mouse, mouse ini hampir tidak bisa terlepas dan kabur dari genggaman.

Didukung oleh software Engine SteelSeries v3.0, mouse ini siap untuk kamu konfigurasi untuk menjadi partner kamu dalam bermain game, atur tingkat CPI menurut gaya permainan kamu, dan kamu pun siap untuk beraksi. Meskipun belum mendapatkan informasi resmi mengenai harga dari mouse ini, namun jika kamu salah satu dari penggemar produk milik SteelSeries, kenapa tidak berpikiran untuk mencobanya.

Kelebihan :
  • Built quality yang baik
  • Desain ergonomis yang sangat baik
  • Tombol berukuran besar dan empuk
  • Lapisan karet pada permukaan bodi memberikan grip yang sangat baik
  • Mendukung hingga 6500 CPI
  • LED mendukung hingga 16.8 juta warna
  • Software mudah digunakan

Kekurangan :
  • Tidak diberikan CD Driver
  • Harga sedikit tinggi

credits to : indo-review

Post a Comment