[INFO] Apa itu Mechanical Keyboard ?

Yap, sesuai judul postingan kali ini, apa itu mechanical keyboard?
Kamu mungkin sudah sering mendengarnya atau teman kamu sudah ada yang punya, atau bahkan kamu sendiri sudah punya tapi belum paham betul ? Kalau begitu langsung saja kita bahasa apa itu mechanical keyboard atau disebut keyboard mekanikal dalam bahasa indonesia....

Mechanical keyboard atau keyboard mekanikal adalah keyboard yang diciptakan dengan kualitas tinggi dengan menggunakan teknologi spring activated dalam switch keyboard. Switch ini ada beberapa macam jenis dan memiliki karakteristik masing-masing. Agar lebih jelas, simak gambar di bawah ini :
mechanical keyboard cherry mx
Mechanical Keyboard Cherry MX Blue Switch
mechanical keyboard cherry mx
Cherry MX Blue Switch

mechanical keyboard cherry mx
Struktur dan Jenis Switch Cherry MX

Mengapa switchnya ada berwarna warni? Tahan dulu rasa ingin tahu kamu, nanti akan dijelaskan di bawah :)

mechanical keyboard cherry mx
Cara kerja Cherry MX Blue Switch

Mechanical keyboard lebih unggul dalam segala hal. Switch, framing, functionality, type print methods, key construction, PCB board, LED lightning (sharpness, brightness, adjustability), dan fitur-fitur lainnya yang masih banyak pada mechanical keyboard adalah jauh lebih baik bila dibandingkan dengan rubber dome keyboard atau keyboard biasa dengan harga murah yang sering kita jumpai dimana-mana. Dari hal-hal unggul tersebut, semuanya berpusat pada satu hal penting yakni "feel". Mechanical keyboard memiliki "feel" yang lebih baik dibandingkan dengan rubber dome keyboard.


rubber dome keyboard mechanical keyboard cherry mx
Rubber Dome Keyboard

Jenis switch di mechanical keyboard
Salah satu hal penting dalam mechanical keyboard adalah switch. Switch memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan warnanya (gambar di atas tadi). Di Indonesia, switch yang terdapat pada mechanical keyboard yang dijual umumnya ada 4 yakni red switch, blue switch, brown switch, dan black switch. Namun pada tok ato penjual tertentu ada pula yang menjual switch langka seperti green switch, white switch, dan clear switch. Switch juga memiliki merk tersendiri, yang paling umum adalah Cherry MX, ada pula Topre tapi tidak terlalu banyak dipasaran karena harganya yang relatif lebih mahal daripada Cherry MX.

Berikut adalah penjelesan lebih detail mengenai switch Cherry MX yang umum di pasaran.

Cherry MX Black Switches


cherry mx black switches

Gaya yang diperlukan: 60g
Feeling yang diberikan: Linear, non-tactile, non-clicky (seperti sewaktu kita menekan bolpen, sebelum ujung bolpennya keluar, ada per yang menahan tekanan kita kan? Seperti itu juga feelnya)
Suara: non-existent kecuali suara per dan suara ketika bottoming out
Keuntungan: Berat (meminimalisir, sangat, kecelakaan tombol yang terpencet secara ga sengaja), tidak berisik, feel yang unik
Kerugian: Berat (beberapa orang tidak betah mengetik menggunakan black switch)


Cherry MX Blue Switches


Cherry MX Blue Switches


Gaya yang diperlukan: 50g
Feeling yang diberikan: Tactile, dan clicky (seperti menekan bolpen, saat ujung pulpennya keluar, ada suara click yang diberikan kan? Seperti itu juga feelnya)
Suara: cukup keras, high pitched sound
Keuntungan: Kita tahu kapan tombol yang kita tekan sudah benar-benar ter-register, suara yang diberikan (beberapa orang senang dengan bunyinya), dan rasa clickynya
Kerugian: Suara yang diberikan (beberapa orang tidak tahan dengan bunyinya)


Cherry MX Brown Switches


Cherry MX Brown Switches

Gaya yang diperlukan: 45g
Feeling yang diberikan: Tactile, non-clicky
Suara: hampir tidak terdengar kecuali pemilik telinga sensitif, hanya bersuara ketika bottoming-out
Keuntungan: Ringan (beberapa orang senang dengan tombol yang ringan), tidak berisik
Kerugian: Ringan (bagi yang memiliki jari super berat, bisa ada tombol yang terpencet secara tidak sengaja - very rare case), dan membosankan, karena tidak ada feel 
(terutama yg suka bunyi2an) apa pun yang diberikan.

Cherry MX Red Switches


Cherry MX Red Switches

Gaya yang diperlukan: 45g
Feeling yang diberikan: non-tactile, non-clicky
Suara: tidak terdengar kecuali pemilik telinga sensitif, hanya bersuara ketika bottoming-out
Keuntungan: Ringan (beberapa orang senang dengan tombol yang ringan), tidak berisik
Kerugian: Ringan (bagi yang memiliki jari super berat, bisa ada tombol yang terpencet secara tidak sengaja - very rare case), dan membosankan, karena tidak ada feel
(terutama yang suka bunyi-bunyian) apa pun yang diberikan.



Frequently Asked Questions (F.A.Q) :

Mengapa mechanical keyboard mahal ? Apa bedanya dengan keyboard 'biasa' ?
Ya, memang mechanical keyboard agak mahal, tapi coba bayangkan berapa kali kamu ganti keyboard seumur hidup ? Kenapa tidak memilih yang terbaik ? Sekali lagi mahal itu relatif. Beda dengan keyboard biasa, simple ada di struktur keyboardnya dan kenyamanan dalam pemakaian.
Apa istimewanya mechanical keyboard ?
Pada mechanical keyboard, mechanical keyswitch (pengendali tuts) didesain sehingga setiap tekanan akan terdaftar sebelum kamu menekannya sampai mentok, sehingga kamu hanya perlu memakai tenaga yang dibutuhkan untuk mengaktifkannya, tidak membuang-buang energi yang tidak perlu. Dengan banyaknya jenis keyswitch yang dapat kamu pilih sehingga nyaman bagimu, karena setiap keyswitch memiliki "feel" yang berbeda jika ditekan. Sekali kamu memakai MECHANICAL KEYBOARD, selamanya kamu tidak akan mau untuk memakai keyboard biasa - Your fingers will thank you. 
Kenapa harus menggunakan mechanical keyboard ?
Alasan terbaik untuk memakai mechanical keyboard adalah mechanical keyboard memiliki feel yang sungguh berbeda dengan rubber dome pada umumnya, dan cenderung lebih baik, meningkatkan kesenangan penggunanya sewaktu mengetik, dan terutama membuat penggunanya menjadi lebih efisien dalam gaming/typing. Tidak ada kata kembali ke keyboard biasa setelah mencoba mechanical keyboard.
Siapa yang harus menggunakan mechanical keyboard ?
Semua, diulangi, SEMUA orang yang peduli akan kenikmatan mengetik dan menggunakan mechanical keyboard, dan memiliki minat untuk membeli keyboard-keyboard gimmick berharga jutaan dari produsen-produsen gaming gear 

Apa yang perlu diperhatikan dalam membeli mechanical keyboard ?
  1. Switch – Clicky or Quiet, Tactile or linear ? – Switch merupakan hal yang paling penting dalam menentukan pilihan. Tidak ada switch yang sempurna bagi semua orang, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba semua switch satu per satu. Kamu akan merasakan fantasinya. Perbedaan berbagai macam switch mechanical ada di atas.
  2. Build Quality – Ini sangat subjektif, it’s your choice ! Jangan mudah percaya dengan review yang bilang jelek, dan sebagainya. Jelek bagi orang lain belum tentu jelek bagi kamu, semua pilihan ada di tangan mu.
  3. N-Key Rollover Capability – Rata-rata keyboard mechanic mampu mendeteksi 2-8 keys secara bersamaan, hal ini mungkin berguna dalam penggunaan sehari-hari. Tetapi ingat jari mu hanya ada 10, pilihlah dengan bijak.
  4. Features – Keyboard mechanical yang high-end, hampir sama sekali gak ada fitur istimewanya (nothing special). Mau cari fitur macro, usb hub, multimedia button, dan sebagainya ? -> Gaming Keyboard.
  5. Price – Terakhir dan paling penting, bijaklah dalam memilih keyboard ini. Kamu yang memilih kamu yang menentukan, kami di sini hanya memberikan saran dan sedikit racun yang tidak mematikan.

 Sekian pada pembahasan mengenai mechanical keyboard atau keyboard mekanikal. Semoga kamu menjadi lebih paham setelah membacanya :)

22 comments

wah keyboard skarang canggih2 ada mechanical2 nya haha
thx berbagi info gan :D

Reply

tetep bingung perbedaannya antara red sama brown switch -. padahal rencana mau beli

Reply

bang kalo corsair raptor k50 itu udah mekanikal keyboard belum , cherry nya apa itu ?? gue masih ga ngerti juga

Reply

raptor belom mecha bro, kalo mau cari mecha kisaran harga sama kayak K50, mungkin Ducky / CM bisa jadi solusi, atau mau nambah kurang lebih 500K bisa bawa pulang K65 RGB (Bagi yang suka warna warni diskotik :D) / K70 non RGB

Reply

Kalo merah, banyak yang bilang paling cocok buat gaming bro, karena ringan dan untuk double tap enggak ada gangguan

Reply

oh ya, maksudnya tactile non tactile apa ya?

Reply

Bang mw tanya cara membersihkan chemical gaming keyboard gmn ya ? misalnya pda saat terkena air/atau debu" gitu. oh ya per yg ada di keycap itu akan karatan gk ya kalau kelamaan/terkena air ?

Reply

Bro mau tanya dong, rencana pengen nabung buat beli mechanical keyboard? Nah kalo pilihan ane antara ducky mini silver case (red switch) atau razer blackwidow tournament (green switch) ?

Reply

Bagus mana bro anatara dua itu?

Reply

... ...
justru keyboard mechanical itu udh ada dr jaman dulu kale.. karena keyboard pertama kali muncul ya mechanical... malah keyboard yg sekarang yg "downgrade" demi alasan efisiensi produksi dan harga.

Reply

gan kalo cara buka tombol mekanikal yng kotor gimna?

Reply

min tolong review Steelseries Apex M500 - Cherry Mx Red Switches ya...

Reply

Bro kalau bisa hindari razer,walaupun Kailh (caps nya razer) itu lumayan,lebih baik milih Cherry MX.Menurut gua sih antara CM storm atau corsair,Ducky nya juga bagus.

Reply

bang mau tanya Keyboard Steelseries 6gv2 Red Cherry Switch bagus ga, soalnya saya bingung mau pilih itu atau razer black widow

Reply

wah ini keyboard mechanical, keboard idaman bagi para pemain rythm game

seperti OSU, O2Jam, Step Mania hahaha

surganya para rythm game player

Reply

keyboard gituan mah cocok buat main game ayodance, kerasa bgt tap tap tap tap tap nya XD

Reply

lalu mana switch yg paling baik ? buat gamer misalnya ?

Reply

kira - kira harga nya sampe berapa tuh? di bawah 200 ribu ada nggak yah?

Reply

nyari mecha under 200k mah kayak lo nanya "bang, beli bensin yang 500perak seliter ada gak?" :))

Reply

setuju... razer meh harga doang mahal :D

Reply

Post a Comment