[REVIEW] Razer Kraken Pro Gaming & Music Headset


Yap, sehubungan dengan adanya promo headset Razer Kraken Pro yang gw publish beberapa hari lalu, gw mutusin untuk ngasih review soal headset ini, jadi bukan sekedar promo cuci gudang aja biar ga terkesan "buang barang karena ga laku". Maka dari itu simak ulasan berikut biar kita tau kelebihan dan kekurangan headset tersebut.


Build Quality & Design
Dalam hal desain, Razer adalah salah satu perusahaan gaming peripheral yang tergolong selalu berani mencoba gaya baru dan juga eksentrik dan itu juga yang akan kamu dapatkan lewat Razer Kraken Pro. Headphone dengan 3 pilihan warna ini memiliki desain yang sederhana namun cukup menarik dengan permainan warnanya. Permainan warna dan dua logo khas Razer di kedua sisi driver (bagian dari headphone yang mengeluarkan suara) akan segera menarik perhatian orang sekitar.

Keseluruhan headphone Razer Kraken Pro terbuat dari plastik yang gwngnya sedikit membuat Razer Kraken Pro terasa murah. Namun jika sudah dilihat secara seksama finishing build terbilang sangat rapi. Walaupun terbuat dari plastik Razer Kraken Pro tetap dapat memberikan rasa kokoh terutama ketika saat kamu meregangkan headphone ini untuk dipakaikan ke kepala. Tidak ada rasa bahwa headphone ini akan rusak dan kamu juga tidak perlu merasa terlalu berhati-hati dalam penggunananya. Secara build quality Razer Kraken Pro terbilang solid namun akan lebih keren jika bisa mencampurkan bahan lain seperti aluminium untuk menghilangkan kesan terlalu plastik (mainan).


Menggunakan plastik sebenarnya datang dengan keuntungannya sendiri yaitu ringan. Dibandingkan dengan SteelSeries V2 yang memiliki berat 680 gram, Razer Kraken Pro memiliki berat  yang jauh lebih ringan yaitu 293 gram. Yang kita inginkan adalah headset yang ringan sehingga nyaman dan tidak membebani kepala terlalu berat terutama dalam pemakaian yang lama.

Razer menyebut Razer Kraken Pro sebagai headset paling nyaman yang pernah ada dan ini sebenarnya sangat sulit untuk dibuktikan. Tapi gw bisa katakan bahwa memang Kraken Pro ini nyaman untuk digunakan. Earpad yang dimiliki headset ini tebal dan empuk, sehingga menempel dengan nyaman ke area telinga. Namun gwngnya diameter earpad terbilang cukup kecil sehingga terasa sangat pas-pasan dengan kuping dan tidak meninggalkan banyak ruang.

Saat digunakan secara maraton 4 jam, Razer Kraken Pro ini terasa nyaman dan ada beberapa saat dimana kamu hampir tidak merasa menggunakan headset sama sekali. Namun setelah beberapa jam kamu harus membuka headset untuk membiarkan udara masuk dan mendinginkan kuping beberapa menit.

Razer Kraken Pro juga mempunyai tingkat pengaturan panjang frame yang dapat diatur dengan menarik driver ke arah bawah. Selain itu driver pun dapat ditekuk ke dalam sehingga lebih ringkas dan tidak memakan banyak tempat jika ingin dibawa untuk berpergian.

Microphone
Perbedaan antara Razer Kraken Pro dengan versi Kraken biasa adalah ketersediaan microphone. Razer Kraken Pro menyediakan microphone yang dapat kamu tarik keluar sehingga jika sedang tidak digunakan maka microphone tidak akan mengganggu dan bahkan tidak terlihat. Yang gw suka juga adalah microphone ini dapat dibengkokkan ke arah manapun seperti membengkokan sebuah kawat sehingga kamu dapat membengkokkan mic ke dekat mulut dengan bebas.


Kualitas microphone terbilang biasa saja dan berfungsi dengan baik. SteelSeries Siberia V2 mempunyai sensitivitas microphone 2 dBV/Pa lebih baik dari pada Razer Kraken Pro namun dalam ruangan yang sepi itu tidak akan membuat banyak perbedaan. Semakin tinggi sensitifitas maka semakin baik karena dengan mengeluarkan suara dengan pelan pun microphone sudah dapat menangkapnya.

Razer Kraken Pro tidak memiliki pengatur suara yang terintegrasi, ini berarti kamu harus mengecilkan atau membesarkan suara lewat PC atau gadget yang sedang kamu pakai. Bagi beberapa orang ini mungkin fitur yang cukup penting namun bagi gw pribadi sebuah kabel yang ringan tanpa controller adalah pilihan yang lebih praktis.

Sound Quality

Teman Baik Para Gamer
Jika kamu mengerti tentang audio maka gw akan katakan bahwa Razer Kraken Pro memiliki karakteristik v-shaped dimana low dan high sangat terasa namun dengan pengorbanan mid yang terasa laid back. Dengan kata lain Razer Kraken mempunyai penekanan di bass dan treble namun suara vokal terasa jauh dan tidak terlalu jelas.


Saat digunakan untuk memainkan Call of Duty: Ghost, Razer Kraken Pro terasa seperti teman baik. Suara tembakan dan ledakan begitu terasa dan begitu juga dengan langkah kaki pemain lain yang sedang berjalan di dekan kamu. Ini jelas akan membantu kamu dalam bermain dan menentukan posisi musuh. Separasi suara juga terdengar cukup jelas sehingga jika ledakan dan pemain berlari di belakang kamu terjadi secara bersamaan maka kamu tetap akan dapat membedakannya, gwngnya penekanan di bass dan treble meninggalkan mid (vokal) di belakang sehingga suara teriakan dan pemandu akan sedikit terasa jauh atau lebih kecil (laid back) dibanding suara lain, tapi tidak sampai tingkatan yang dapat mempengaruhi performa bermain kamu.

Kebanyakan game dan film mengkamulkan jumlah bass yang banyak dan Razer Kraken Pro terbilang mampu untuk mengatasi bass tanpa distorsi walaupun kamu kencangkan volume ketingkat tinggi sekalipun.

Cocok Untuk Pendengar Musik Kasual
Dengan sistem microphone yang dapat ditarik ke dalam dan juga kabel 1 meter yang disediakan, Kraken Pro sebenarnya terbilang cocok juga dipakai oleh katakanlah smartphone atau laptop. Namun jangan harapkan sebuah pengalaman luar biasa jika kamu berencana menggunakan headset ini untuk mendengarkan musik. Sebagai permulaan Razer Kraken Pro tidak memiliki karaktersitik flat sehingga musik yang mengkamulkan vokal akan terasa kurang greget. Bedakan antara musik yang mengkamulkan vokal dengan musik pop, sementara musik pop memiliki vokal sepanjang durasi namun suara alat musik juga terbilang dominan.


Untuk tipe musik rock, pop dan musik lain yang mengkamulkan beat maka Razer Kraken akan terasa pas dan hidup. Namun untuk lagu yang mengkamulkan vokal, kamu mungkin akan mendengar suara yang tidak terdengar alami, suara lower-mid akan terdengar terlalu bassy (nge-bass), dan bagian vokal akan terasa jauh dan lemah seolah-olah sang penyanyi tidak berada di depan kita. Adilnya Razer Kraken Pro adalah sebuah headset gaming, so jangan lupakan fungsi utamanya.

Verdict
Jika kamu sebelumnya menggunakan headset di bawah 500 ribuan maka Razer Kraken Pro adalah upgrade yang menyenangkan baik untuk bermain game, menonton dan mendengarkan musik pop & rock. Headphone yang satu ini terhitung nyaman dan tidak membuat kuping sakit selama dipakai berjam-jam. Razer Kraken Pro dijual dengan harga sekitar 900 ribu-an, dan jika kamu tidak membutuhkan fungsi microphone maka kamu dapat membeli Razker Kraken biasa dengan harga yang lebih murah (sekitar Rp. 200.000 lebih murah).

Pros:
Microphone yang dapat ditarik ke dalam dan dibengkokkan ke segala arah | Ringan, nyaman dan terlihat sangat Razer | Kualitas suara pas untuk gaming dan movie, terdengar dramatis dengan setting v-shapped  
Cons:
Untuk headphone 1 juta, Razer Kraken harusnya dapat mengkombinasikan bahan yang tidak 100% plastik | Fitur yang ditawarkan sangat mendasar, tanpa volume control atau 5.1 surround sound

credits to : techinasia

1 comments:

Post a Comment